Gaya Hidup

Waktu Terbaik untuk Berdoa saat Ramadan, Sayang Jika Dilewatkan

Senin, 27 Maret 2023 - 03:34
Waktu Terbaik untuk Berdoa saat Ramadan, Sayang Jika Dilewatkan Waktu mustajab untuk berdoa saat Ramadan (FOTO: detik.com)

TIMES JEMBER, JAKARTABulan Ramadan merupakan bulan istimewa. Salah satu keistimewaannya adalah dikabulkannya setiap doa. Selama kita berpuasa, dosa kita akan dilebur, dan doa akan dikabulkan. 

Hal itu sesuai dengan hadis Nabi 

"Tiga orang yang tidak akan ditolak doanya: Imam yang adil, orang yang berpuasa hingga ia berbuka dan orang-orang yang didzalimi. Doanya diangkat ke awan dan dibukakan baginya pintu langit dan Tuhan azza wa jalla berfirman: demi kemuliaanku saya pasti menolong engkau setelah ini". (HR. Ahmad). 

Namun ada beberapa waktu paling baik untuk berdoa. 

Waktu sahur

Sahur tidak wajib, hukumnya sunnah. Tapi sayang ya jika sahur dilewatkan begitu saja. Selain tidak bisa makan dan minum untuk mengisi energi sebagai persiapan berpuasa, saat sahur merupakan waktu terbaik untuk berdoa. 

Allah SWT berfirman, “Ketika waktu sahur (akhir-akhir malam), mereka berdoa memohon ampunan.” (QS. Adz Dzariyat: 18). 

Nah alih-alih menonton siaran televisi, sebaiknya saat sahur diperbanyak istighfar dan berdoa ya. 

Waktu menjelang berbuka puasa

Menjelang buka puasa juga merupakan waktu terbaik untuk berdoa. Berdasar hadis riwayat Ibnu majah, Nabi Muhammad SAW bersabda “Sesungguhnya orang yang berpuasa memiliki doa yang tidak tertolak pada saat berbuka”.

Antara azan dan iqomah

Doa yang tak tertolak juga dapat dilakukan saat azan dan menjelang iqomah. 

Rasulullah SAW bersabda, “Doa tidak tertolak pada dua waktu, yaitu ketika azan berkumandang dan saat perang berkecamuk, ketika kedua kubu saling menyerang.” (HR. Abu Daud)

Malam Lailatul Qadr

Setiap muslim mendambakan malam Lailatur Qadr, malam yang istimewa yang lebih baik dari seribu bulan. 

"Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan," (QS Al-Qadr ayat 4-5).

Aisyah RAH bercerita, “Aku bertanya kepada Rasulullah: Wahai Rasulullah, menurutmu apa yang sebaiknya aku ucapkan jika aku menemukan malam Lailatul Qadar? Baginda bersabda: Berdoalah: Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘anni (Ya Allah, sesungguhnya engkau Maha Pengampun dan menyukai sifat pemaaf, maka ampunilah aku).” (HR. Tirmidzi).

Sepertiga malam 

Waktu terbaik untuk berdoa adalah pada sepertiga malam. Waktu tersebut sebenarnya berlaku juga meski di luar bulan Ramadan. Namun saat Ramadan akan lebih besar peluangnya untuk dikabulkan doa hamba. 

Nabi Muhammad SAW bersabda “Rabb kita Tabaraka wa Ta’ala turun ke langit dunia ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Lantas Allah berfirman, “Siapa saja yang berdoa kepada-Ku, niscaya akan Aku kabulkan. Siapa yang meminta kepada-Ku, niscaya Aku beri. Siapa yang meminta ampunan kepada-Ku, niscaya akan Aku ampuni.” (HR. Bukhari dan Muslim). (*)

Pewarta : Dhina Chahyanti
Editor : Dhina Chahyanti
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jember just now

Welcome to TIMES Jember

TIMES Jember is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.