Berita

Generasi Muda Ditjen Pembiayaan Infrastruktur PUPR Inisiasi CreatIFF

Kamis, 01 Desember 2022 - 15:42
Generasi Muda Ditjen Pembiayaan Infrastruktur PUPR Inisiasi CreatIFF Denik Haryani melaporkan kegiatan CreatIFF. (FOTO: Fahmi/TIMES Indonesia)

TIMES JEMBER, JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan (DJPI) menggagas acara CreatIFF (Creative Infrastructure Financing/Pembiayaan Infrastruktur Kreatif) yang telah dilaksanakan sejak Oktober 2022 lalu.

Hadirnya CreatIFF dilatarbelakangi oleh keterbatasan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) yang dimiliki oleh Kementerian PUPR itu sendiri dalam mewujudkan program-program Pemerintah di bidang pembangunan infrastruktur di Indonesia.

"Sebagai bagian dari rangkaian Hari Bhakti PU yang ke 77, acara CreatIFF diselenggarakan dengan maksud memperkenalkan pembiayaan kreatif sebagai alternatif pembiayaan infrastruktur di PUPR dan untuk meningkatkan partisipasi dari para stakeholder terkait dalam Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan," ucap Denik Haryani dalam laporannya pada pembukaan CreatIFF di Auditorium Kementerian PUPR pada Kamis (1/12/2022).

CreatIFF-2.jpgSuasana Hari Puncak CreatIFF. (FOTO: Fahmi/TIMES Indonesia)

Denik mengatakan, mengusung tema 'Inovasi Pembiayaan Infrastruktur yang Berketahanan dan Berkelanjutan', acara CreatIFF sendiri telah dimulai sejak press conference pada 4 Oktober 2022 lalu, disusul dengan 4 webinar yang diselenggarakan selama bulan Oktober dan terakhir pada 23 November 2022 lalu.

Tidak hanya webinar saja, kompetisi 'Call for Policy Brief Inovasi Pembiayaan Infrastruktur PUPR Yang Berketahanan dan Berkelanjutan' juga diselenggarakan sebelum Hari Puncak CreatIFF dan dalam laporannya, pemenang Policy Brief akan diumumkan pada Jumat (2/12/2022) esok.

Dalam keterangan persnya, Hari puncak CreatIFF sendiri berperan sebagai platform atau wadah untuk mempertemukan pihak regulator/pemilik proyek yaitu Kementerian PUPR dengan pemangku kepentingan utama dalam pembiayaan kreatif antara lain dengan Kementerian/Lembaga yang terkait, investor, lenders, badan usaha, BUMN, maupun stakeholder lainnya dalam melakukan percepatan penyediaan infrastruktur melalui alternatif pembiayaan non-APBN untuk mendorong pembiayaan berkelanjutan.

Dalam Hari Puncak CreatIFF, lanjut Denik, akan diluncurkan juga dua sistem informasi yaitu Sistem Informasi Proyek KPBU Atas Prakarsa Badan Usaha (SIPRABU) dan Sistem Informasi Pengadaan Badan Usaha Pelaksana Proyek KPBU (SIPADU) oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

"Dua sistem informasi yang mendukung efisiensi dan transparansi project Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) atas prakarsa badan usaha dan pengadaan badan usaha pelaksanaan KPBU," kata Denik.

Denik percaya, sebagai generasi muda Direktorat Jenderal Pembiayaan Infrastruktur bahwa inovasi pembiayaan infrastruktur dapat terwujud melalui sinergi dan kolaborasi dari seluruh pihak yang hadir pada Hari Puncak CreatIFF ini.

CreatIFF-3.jpgMenteri PUPR meluncurkan SIPRABU dan SIPADU. (FOTO: Fahmi/TIMES Indonesia)

"Kami atas nama panitia mengucapkan terima kasih atas kehadiran bapak ibu sekalian dan kami juga menyampaikan permohonan maaf sekiranya dalam pelaksanaan kegiatan hari ini terdapat kekurangan," ujar Denik.

Diberitakan sebelumnya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyampaikan apresiasinya kepada generasi muda Direktorat Jenderal Pembiayaan Infrastruktur yang telah menginisiasi pembiayaan kreatif dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia.

"Saya ucapkan terima kasih kepada generasi muda Direktorat Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan yang telah menginisiasi kreatif untuk mengajak kita dalam percepat pembangunan infrastruktur melalui penguatan financing," ucap Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam sambutannya pada pembukaan Hari Puncak CreatIFF.

Menteri Basuki berharap generasi muda di Kementerian PUPR betul-betul memahami pembiayaan itu sendiri dan bisa kreatif dalam hal pembiayaan untuk pembangunan infrastruktur di Indonesia.

"kreatif (financing) ini is a must untuk mempercepat pembangunan infrastruktur di Indonesia, saya ucapkan terima kasih sekali lagi generasi muda Direktorat Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan untuk terus memelihara dan memperkaya skema-skema pembiayaan yang bisa diterapkan," tandas Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. (*)

Pewarta : Ahmad Nuril Fahmi
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jember just now

Welcome to TIMES Jember

TIMES Jember is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.