Pendidikan

Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Kirim Empat Delegasi ke Pusdik MK

Rabu, 23 Juni 2021 - 16:23
Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Kirim Empat Delegasi ke Pusdik MK Suasana bimtek MK secara daring yang diikuti empat delegasi dari FS UIN KHAS Jember. (Foto: tangkapan layar Zoom)

TIMES JEMBER, JEMBER – Perkuat pengetahuan permohonan pengujian Undang—Undang, Fakultas Syariah UIN KHAS Jember delegasikan empat dosen dalam acara Bimbingan Teknis (Bimtek) “Hukum Acara Pengujian Undang-Undang” pada 15 - 18 Juni 2021. 

Acara tersebut diselenggarakan oleh Pengurus Pusat Asosiasi Pengajar Hukum Tata Negara–Hukum Administrasi Negara (APHTN – HAN) yang bekerja sama dengan Mahkamah Konsitusi (MK) yang diikuti oleh 338 peserta.

Acara ini dibuka langsung oleh Ketua Mahkamah Konstitusi RI, Dr. Anwar Usman, S.H., M.H. Kegiatan tersebut diselenggarakan secara luring terbatas di Pusat Pendidikan (Pusdik) Pancasila dan Konstitusi Cisarua Bogor serta daring dari seluruh Indonesia yang merupakan anggota dan pengurus APHTN-HAN. 

Keempat delegasi Fakultas Syariah UIN KHAS Jember adalah Prof. Dr. M. Noor Harisudin, M.Fil.I., Sholikul Hadi, S.H., M.H., Abdul Jabar, S.H., M.H., dan Basuki Kurniawan, S.H., M.H.

“Kegiatan semacam ini penting untuk menambah pengetahuan dan keahlian bagi para dosen Hukum Tata Negara khususnya pengampu mata kuliah Hukum Acara Mahkamah Konstitusi, di samping juga sebagai bentuk sosialisasi Mahkamah Konstitusi di dunia kampus hukum,” tegas Sholikul Hadi, salah satu delegasi Fakultas Syariah UIN KHAS Jember.

Bagi keempat delegasi, hal paling menarik dari acara ini adalah sesi praktik penyusunan permohonan pengujian undang-undang terhadap UUD NRI tahun 1945. 

Sesi ini instruktur memberikan bimbingan baik secara filosofis maupun teknis bagaimana peserta dapat menyusun permohonan pengujian undang-undang.

“Fakultas Syariah UIN KHAS Jember, terlebih lagi bapak Dekan Prof. Dr. M Noor Harisudin, M. Fil.I merupakan Ketua dari APHTN-HAN Indonesia yang mana beliau sangat mendukung semua dosen untuk memiliki keahlian dalam bidang ilmu pengujian undang-undang,” ungkap Basuki, Dosen HTN yang juga Sekretaris Pusat Studi Hukum, Pancasila dan Konstitusi (Pushpasi).

Bimtek yang difasilitatori oleh Tim Pusdik Pancasila dan Konstitusi MKRI ini dikemas dalam bentuk penyampaian materi yang meliputi Mahkamah Konstitusi dan Karakteristik Hukum Acara Mahkamah Konstitusi, Penafsiran Konstitusi, Hukum Acara Mahkamah Konstitusi, Pengujian Undang-Undang terhadap UUD NRI tahun 1945, dan Teknik Penyusunan Permohonan Pengujian Undang-Undang terhadap UUD NRI Tahun 1945 serta Bimbingan Praktik Penyusunan Permohonan Pengujian Undang-Undang terhadap UUD NRI tahun 1945, Sistem Informasi Perkara Elektronik, dan Evaluasi Hasil Penyusunan Permohonan Pengujian Undang-Undang terhadap UUD NRI Tahun 1945.

“Narasumber yang berkualitas ini membuat peserta seperti menonton wayang, orang nonton wayang itu kan tidak pernah bosan walaupun sudah seringkali menonton,” ujar Jabar yang juga sebagai Kepala Laboratorium Fakultas Syariah UIN KHAS Jember.

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk dukungan dari pimpinan Fakultas Syariah UIN KHAS Jember terhadap tenaga pengajar.

Pimpinan mendorong para dosen untuk bergabung dalam asosiasi profesi dosen termasuk dalam hal ini bagi dosen program studi Hukum Tata Negara bergabung pada APHTN-HAN. 

Hal ini bertujuan agar meningkatkan kualitas dunia akademik Fakultas Syariah UIN KHAS Jember.

“Saya sangat senang, gembira, dan respek. Acara semacam itu menjadi pemberdayaan bagi para dosen,” ungkap Prof. Dr. M. Noor Harisudin, M.Fil.I., Dekan Fakultas Syariah UIN KHAS Jember.

Prof. Dr. M. Noor Harisudin, M.Fil.I. yang juga Ketua APHTN-HAN berharap kepada keempat delegasi agar dapat diseminasi materi yang didapat kepada kolega dosen dan juga mahasiswa dalam lingkungan Fakultas Syariah UIN KHAS Jember.

Para delegasi berharap bahwa kegiatan serupa untuk dapat diadakan di Fakultas Syariah UIN KHAS Jember yang penyelenggaraannya dapat bekerja sama dengan MKRI atau Pusdik Pancasila dan Konstitusi MKRI demi kemajuan serta eksistensi Fakultas Syariah UIN KHAS Jember. (*)

Pewarta : Dody Bayu Prasetyo
Editor : Dody Bayu Prasetyo
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jember just now

Welcome to TIMES Jember

TIMES Jember is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.