https://jember.times.co.id/
Pendidikan

Genbi Jember Bagi Tips Jadi Mahasiswa Berprestasi di Tengah Himpitan Finansial

Rabu, 26 Agustus 2020 - 23:24
Via Tentir Online, Genbi Jember Bagi Tips Jadi Mahasiswa Berprestasi di Tengah Himpitan Finansial Tentir Online GenBI Mengajar (Bijar) bertema ‘Menjadi Mahasiswa Berprestasi & Mendapat Beasiswa, Why Not?’ yang digelar komunitas Generasi Baru Indonesia (GenBI) Jember dengan menggandeng media online TIMES Indonesia. (Foto : GenBi Jember for TIMES Indone

TIMES JEMBER, JEMBER – Ternyata siapa saja bisa menjadi mahasiswa yang berprestasi. Tapi bagaimana caranya?. Nah, tips dan seluruh jawaban terungkap dalam Tentir Online GenBI Mengajar (Bijar) yang digelar oleh komunitas Generasi Baru Indonesia atau GenBI Jember dengan menggandeng media online TIMES Indonesia. GenBi sendiri adalah komunitas mahasiswa penerima beasiswa Bank Indonesia (BI).

Kegiatan yang mengusung tema ‘Menjadi Mahasiswa Berprestasi & Mendapat Beasiswa, Why Not?’, menghadirkan Aris Setia Rini, selaku Koordinator Nasional Forum Nasional Sosial Masyarakat BEM se-Indonesia 2019-2020 sebagai salah satu pemateri.

“Dalam dunia perkuliahan, kita harus menunjukkan bahwa kita hebat karena kemampuan kita,  bukan karena kenestapaan. Seperti bisa kuliah, walaupun kondisi keluarga kesulitan dalam hal finansial, itu tidak terlalu penting,” katanya melalui aplikasi Google Meet, Rabu (26/8/2020).

Hal terpenting yang harus ditunjukkan dalam dunia perkuliahan, lanjut Rini, sapaan akrab Aris Setia Rini, yaitu kemampuan leadership dan soft skill lainnya. Dengan kata lain, dalam meraih mimpi, seorang mahasiswa harus memiliki tekad yang kuat. Tanpa takut akan berbagai kendala yang dihadapi, apalagi masalah finansial. 

Pemateri lain, Julita Hasanah menyampaikan bahwa untuk meraih prestasi, hal pertama yang harus dilakukan adalah percaya dengan kemampuan sendiri.

“Yakin bahwa kita mampu meraih mimpi kita. Karena dalam meraih mimpi pasti ada orang yang menganggap sebelah mata dengan usaha kita. Itu abaikan,” ucapnya.

Penerima Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Institut Pertanian Bogor (IPB) ini juga menegaskan bahwa apapun latar belakang orang tua bukan penghalang meraih mimpi. Karena usaha yang dikeluarkan untuk meraih prestasi dan mimpi besar adalah penentu utama sebuah kesuksesan.

Upaya yang bisa ditempuh untuk menjadi mahasiswa berprestasi adalah selalu disiplin diri. Serta konsisten mengembangkan kemampuan. Selanjutnya, kemampuan dan bakat yang dimiliki terus diasah dalam karya.

“Contohnya, jika memiliki bakat menulis, maka kita harus mengikuti lomba-lomba, agar bisa terus berkarya dan menciptakan prestasi yang membanggakan diri sendiri dan orang tersayang,” cetus Julita dalam acara yang dimoderatori oleh Dimis Zahida Fieki, salah satu anggota aktif GenBI Jember. (*)

Pewarta : Syamsul Arifin
Editor : Irfan Anshori
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jember just now

Welcome to TIMES Jember

TIMES Jember is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.