https://jember.times.co.id/
Pendidikan

Universitas Jember Akhirnya Punya Rektor Keempat, Tugasnya Utamanya Mengurus Alumni, Lulusan Unej Ayo Merapat

Sabtu, 09 Maret 2024 - 09:41
Universitas Jember Akhirnya Punya Wakil Rektor Keempat, Tugasnya Utamanya Mengurus Alumni, Lulusan Unej Ayo Merapat Rektor Unej Iwan Taruna saat melantik Fendy Setyawan sebagai Warek IV. (FOTO: Unej for TIMES Indonesia)

TIMES JEMBER, JEMBER – Rektor Universitas Jember (Unej) Iwan Taruna melantik Fendi Setyawan sebagai Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, yang sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris II Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M).

Pelantikan Fendi tersebut membuka lembaran sejarah baru bagi Unej.

Pasalnya, untuk pertama kalinya dalam sejarah, Unej memiliki empat orang wakil rektor sejak didirikan pada 1964.

Iwan dalam sambutannya mengatakan, pejabat yang dilantik agar dapat segera beradaptasi untuk menjalankan amanah yang telah lembaga berikan.

Hal itu mengingat saat ini Universitas Jember sedang berproses menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH).

"Perlu diingat bahwa kita saat ini ada untuk meneruskan kerja para pendahulu kita. Bagi seorang pendidik di kampus, jabatan ini justru menjadi tugas tambahan. Sehingga kita harus memiliki tekad untuk bekerja dengan selaras dan seimbang serta dilandasi dengan iman dan takwa," jelasnya, Jumat (8/3/2024).

Dalam kesempatan yang sama, hal senada juga dijelaskan oleh Fendi Setyawan, Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Jember, berkaitan dengan lembaga yang sedang berproses menuju PTN-BH, ia akan meneruskan optimalisasi peran dan fungsi alumni terhadap universitas maupun institusinya masing-masing.

"Tentu program kerjanya tidak boleh keluar dari Permendikbudristek Nomor 7 Tahun 2023 tentang Organisasi dan Tata Kerja Universitas Jember, dimana dalam ketentuan ini berkaitan dengan peningkatan prestasi dan bidang minat bakat mahasiswa, misalnya dari program di UKM yang mendukung percepatan dan relevan dengan program-program kementerian. Saya sebagai Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni harus menjamin bahwa aktivitas mahasiswa harus terakomodasi dan termanajemen dengan baik sehingga tidak ada friksi atau gejolak yang ebrkaitan dengan ekspresi dalam berkegiatan," ulasnya.

Ia pun berharap dengan adanya tambahan struktur ini akan lebih mengoptimalkan fungsi-fungsi lembaga, sesuai dengan tugas pokoknya yaitu pengembangan bidang kemahasiswaan dan alumni.

"Kami akan terus mendorong kiprah dan Prestasi mahasiswa baik akademik atau non akademik dan kami berkomitmen untuk mengoptimalkan peran alumni, sebab peran mereka (alumni) sangat berpengaruh pada Indeks Kinerja Utama (IKU 1) tentang rekam jejak alumni dari Universitas Jember," tutupnya.

Pada pelaksanaan pelantikan ini, dilantik juga para pejabat utama di antaranya, Triwahju Hardianto sebagai Dekan Fakultas Teknik, Prof. Dafik sebagai Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, dan Farida Wahyu Ningtyias sebagai Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat, serta Yusuf Adibowo sebagai Sekretaris II Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Iis Nur Asyiah sebagai Sekretaris Bidang Program dan Pengembangan, Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pembelajaran (LPMPP), Khoiron sebagai Sekretaris bidang Umum dan Keuangan, Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pembelajaran (LPMPP), dan Khusnun Nadhifah sebagai Kepala Unit Penunjang Akademik Perpustakaan. Pelantikan itu dilaksanakan di Aula Lantai III Gedung Rektorat Universitas Jember. (*)

Pewarta : Siti Nur Faizah
Editor : Dody Bayu Prasetyo
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jember just now

Welcome to TIMES Jember

TIMES Jember is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.