https://jember.times.co.id/
Pendidikan

Semakin Diminati Gen Z, UT Jember Adaptasi ke Ranah Digital

Selasa, 05 Maret 2024 - 13:51
Semakin Diminati Gen Z, UT Jember Adaptasi ke Ranah Digital UT Jember saat melakukan OSMB dan PKBJJ beberapa waktu lalu. (Foto: UT Jember for TIMES Indonesia)

TIMES JEMBER, JEMBER – Universitas Terbuka (UT) Jember yang notabenya bersifat terbuka dan dapat diakses oleh siapa saja, dulunya hanya dominasi oleh mahasiswa generasi boomer dan milenial. Namun saat ini, kampus tersebut juga menjadi pilihan dikalangan generasi Z (Gen-Z). 

Terbukti ketika kegiatan Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB) dan Pelatihan Keterampilan Belajar Jarak Jauh (PKBJJ), Sabtu dan Minggu (2-3/3/2024) yang banyak diisi anak muda, mulai dari generasi milenial 90-an hingga Gen-Z yang penuh semangat.

Dr. Hadiqotul Luluk, M.Pd., salah satu dosen program studi (prodi) PGPAUD menyebut bahwa UT adalah jawaban kebutuhan para generasi muda, khususnya generasi milenial dan generasi Z dalam pemenuhan kebutuhan pendidikannya. 

"Di antara mereka memang sudah bekerja dan bahkan merupakan profesional dalam bidang tertentu. Tetapi karena kebutuhan karir yang harus diimbangi dengan kompetensi mumpuni, maka UT memang menjadi pilihan utama mereka," jelasnya kala menyampaikan materi. 

Universitas-Terbuka-Jember-2.jpg

"Sehingga keduanya harus berjalan beriringan. Jadi mahasiswa UT itu harus multitasking," tambahnya. 

Adaptasi dalam ranah digital yang user-friendly menjadi diskusi yang menarik saat materi kelas UT Online pada PKBJJ. 

Dio Catur P., S.S., selaku pemateri dalam kelas tersebut memberikan ruang diskusi bagi seluruh mahasiswa tentang pembelajaran online yang selalu menggunakan fasilitas digital sebagai media pendukung pembelajaran.

“Mahasiswa tidak perlu panik jika ada hambatan atau masih tahap adaptasi dengan berbagai layanan online UT, karena kami akan membantu dan memberikan pembimbingan,” kata Dio.

Lebih lanjut, keterlibatan internet dalam proses pembelajaran juga harus digunakan secara maksimal oleh mahasiswa.

Imbauan tersebut disampaikan Nita Ryan Purbosari, S.Sos., M.Si., selaku dosen program studi Administrasi Negara yang sekaligus sebagai Manajer Marketing dan Registrasi. 

“Mungkin terkadang kita sudah terbiasa dengan penggunaan internet, tapi bukan untuk kebutuhan belajar. Namun saat ini, libatkan media internet sebagai sarana belajar sekaligus merencanakan jadwal pembelajaran yang harus dilaksanakan setiap semesternya," tutupnya.

Menjadi kampus online terbesar yang diminati anak muda, tidak serta merta membuat UT mengabaikan inovasi pengembangan digital karena generasi muda akan semakin kritis merespon perkembangan digital yang pesat. 

Apalagi, 70 persen mahasiswa UT merupakan Gen Z dan 30 persen generasi milenial.

UT adalah ruang digital yang inklusif untuk memberikan kemudahan belajar bagi seluruh lapisan masyarakat. 

Untuk diketahui, kegiatan OSMB dan PKBJJ Tahap 1 bagi 413 mahasiswa baru berlangsung di dua tempat berbeda, yaitu di Jember (Hotel Royal n Lounge) dan Banyuwangi (Hotel Santika).

Pada Tahun Akademik 2023/2024 Genap ini, telah tercatat kurang lebih 2.000 calon mahasiswa baru UT Jember yang akan mengikuti OSMB dan PKBJJ secara bertahap. 

Pendaftaran mahasiswa baru UT Jember Semester Genap masih dibuka hingga 6 Maret 2024 (khusus jalur Non RPL/Non alih kredit. Kunjungi laman admisi-sia.ut.ac.id atau WhatsApp 08113197676 dan Telegram 08155167676. (*)

Pewarta : Siti Nur Faizah
Editor : Dody Bayu Prasetyo
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jember just now

Welcome to TIMES Jember

TIMES Jember is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.