Olahraga

Pegiat Sepak Bola Minta Komite Pemilihan Ketua Askab PSSI Jember Dibubarkan

Selasa, 04 Mei 2021 - 22:34
Pegiat Sepak Bola Minta Komite Pemilihan Ketua Askab PSSI Jember Dibubarkan Suasana rapat dengar pendapat (RDP) Komisi D DPRD Jember dengan para pegiat sepak bola. (Muhammad Faizin/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JEMBER – Polemik proses pemilihan calon Ketua Askab PSSI Jember masih terus berlanjut. Sejumlah pegiat sepak bola dan pemilik klub sepak bola, mendatangi gedung DPRD Jember pada Selasa (4/8/2021). Mereka tergabung dalam Aliansi Pecinta Sepak Bola Jember itu menyampaikan keluh kesahnya seputar proses pemilihan calon ketua Askab yang dituding sarat rekayasa. 

“Kami meminta agar DPRD Jember mendorong Pemkab Jember menghentikan proses pemilihan dan membubarkan Komite Kongres Askab. Karena kami melihat, rekayasanya terstruktur,” ujar Joni Budi Utomo, salah satu perwakilan Aliansi.

Dalam organisasi Askab, Joni yang juga pemilik klub Macan Putih adalah salah satu anggota dan pemegang suara (voters) di Askab Jember. 

Kepada Komisi D DPRD Jember yang menemui mereka, Joni memaparkan bahwa kondisi Askab selama empat tahun di bawah kepemimpinan Sutikno cukup memprihatinkan.

Selain tidak ada kompetisi internal, juga minim pembinaan.

Karena itu, Aliansi mendorong agar momen Muskab kali ini dilakukan secara fair. 

“Kami mempersoalkan ada calon, yakni Try Sandi yang merupakan menantu bupati, dipaksakan untuk lolos verifikasi. Masak orang yang tidak kenal sepak bola, hanya karena menantu bupati, kemudian dipaksakan memimpin Askab,” ujar Job, sapaan akrab Joni Budi Utomo itu. 

Kritik Aliansi ini berdasarkan pengalaman sebelumnya.

Yakni ketika di masa pemerintahan bupati MZA Djalal, di mana Askab di pimpin oleh Diponegoro yang merupakan putra bupati.

Pada akhirnya, kepemimpinan Askab berujung kasus hukum sehingga membuat Ketua Askab masuk penjara.

“Jangan sampai terulang,” tegas Job. 

Menanggapi hal tersebut, Sekertaris Komisi D DPRD Jember Edi Cahyo Purnomo yang memimpin rapat dengar pendapat berjanji bahwa lembaganya akan bersikap fair dalam menampung aspirasi para pegiat sepak bola.

Hal ini terkait dengan majunya dua anggota DPRD Jember dalam bursa calon ketua umum Askab Jember. 

Selain Try Sandi Apriana yang merupakan politisi Partai Demokrat, politisi lain yang ikut maju adalah Ardi Pujo Prabowo yang anggota DPRD Jember dari Partai Gerindra. 

“Pemkab harus ikut masuk, bukan untuk mengkondisikan (kandidat yang terpilih) tetapi mencari jalan tengah. Kami di DPRD Jember akan memfasilitasi aspirasi teman-teman pegiat bola,” ujar Ipung –sapaan akrab Edi Cahyo Purnomo. 

Untuk diketahui, Polemik proses pemilihan calon Ketua Askab PSSI Jember masih terus berlanjut. Sejumlah pegiat sepak bola dan pemilik klub sepak bola, mendatangi gedung DPRD Jember pada Selasa (4/8/2021). Mereka tergabung dalam Aliansi Pecinta Sepak Bola Jember itu menyampaikan keluh kesahnya seputar proses pemilihan calon ketua Askab yang dituding sarat rekayasa. (*)

Pewarta : Muhammad Faizin AP
Editor : Dody Bayu Prasetyo
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jember just now

Welcome to TIMES Jember

TIMES Jember is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.