Kopi TIMES

Jangan Biarkan Corona Merajalela

Rabu, 12 Agustus 2020 - 21:06
Jangan Biarkan Corona Merajalela Lukman Hakim, M.Pd, Penulis dan Pegawai di IAIN Jember.

TIMES JEMBER, JEMBER – Kapan corona akan usai??? Mungkin kalimat itu yang selalu ada di benak masyarakat,  Pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai, tak kunjung hilang dan tak kunjung henti-hentinya menyerang umat manusia seakan kita  dihantui rasa takut yang berlebihan karena covid- 19. Virus yang muncul sejak tahun 2019 ini sudah banyak memakan korban di seluruh penjuru dunia, dan khususnya Indonesia

Corona atau covid-19 sudah kemana-mana, virus yang sudah menghebohkan jagat raya seantero dunia, banyak korban berjatuhan karena wabah Corona. Corona adalah wabah yang pertama kali muncul di Wuhan Cina ini telah menyebabkan masyarakat resah gelisah dan bahkan takut akan bahaya wabah ini.

Banyak hal yang telah dilakukan oleh baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah untuk memutus rantai penyebaran Corona. Pemahaman akan pentingnya kebersihan (mencuci tangan dengan menggunalan sabun dan sejenisnya), penyemprotan di lingkungan masyarakat, penggunaan masker, paling tidak bisa meminalisir penyebaran virus Corona atau Covid-19.

Covid-19 diyakini tidak akan berhenti menyerang manusia, jika manusianya tidak sadar dan dewasa dalam menyikapi akan bahaya virus Covid-19, salah satunya tidak membuat perkumpulan atau berkerumun. Hal ini disadari maupun tidak akan menyebabkan penyebaran Covid-19 semakin meluas. 

Wabah Covid-19 mengubah tatanan ekonomi dunia yang ditandai dengan berubahnya peta perdagangan dunia, selain mengakibatkan mandegnya berbagai bidang usaha. Dampak wabah virus Corona (Covid-19) tidak hanya merugikan sisi kesehatan. Virus yang bermula dari Kota Wuhan, Tiongkok, ini bahkan turut mempengaruhi perekonomian negara-negara di seluruh dunia, tak terkecuali Indonesia.

Di Indonesia, pemerintah mencoba melakukan berbagai upaya untuk menekan dampak virus Corona terhadap industri. Beberapa stimulus ekonomi diluncurkan, bahkan Presiden Joko Widodo meminta seluruh pihak untuk melakukan social distancing termasuk Work From Home (WFH) dan meliburkan kegiatan belajar mengajar di sekolah.

Penerapan physical distancing itu dengan menjaga jarak antar orang minimal 1-2 meter, menghindari perkumpulan dan pertemuan dengan jumlah orang banyak. Penerapan physical distancing ini sangat penting untuk menekan penyebaran corona Covid-19.

Banyak upaya yang telah dilakukan baik pemerintah pusat maupun daerah, untuk memutus rantai penyebaran virus Covid-19.

Masih ada beberapa daerah yang masyarakatnya membandel dan meremehkan akan bahaya virus Covid-19, entah apa yang ada di benak mereka, mereka tidak mengindahkan aturan yang telah pemerintah buat, akibatnya masih banyak korban yang berjatuhan.

Di sisi lain tanpa ada kejelasan yang pasti sampai kapan virus Covid-19 ini akan  berakhir dan belum ditemukannya vaksin yang bisa membunuh virus ini. Masyarakat juga sudah mulai bosan dan bahkan jenuh dengan keadaan seperti ini. Seakan dunia ini dibatasi dan selalu dihantui rasa takut akan bahaya virus Covid-19.

Saatnya masyarakat mengubah pola hidup yang baru

Kebiasaan baru salah satu terobosan baru yang  diimplematikasn oleh pemerintah untuk bisa bersahabat dengan virus Covid-19. Bukan berarti kita membiarkan virus menyebar luas, akan tetapi tetap waspada dengan protokol kesehatan.

Kebiasaan baru adalah salah satu skenario untuk mempercepat penanganan Covid-19 dalam aspek kesehatan dan sosial-ekonomi. Himbuan pemerintah untuk membiasakan pola hidup baru, seperti cuci tangan, jaga jarak dan menggunakan masker  merupakan langkah dan upaya untuk membatasi uapaya penulaaran virus corona. Tempat kerja  sebagai lokus interaksi dan berkumpulnya orang merupakan faktor risiko yang perlu diantisipasi penularannya, pasar tardisonal maupun mall juga faktor risiko yang perlu diantisipasi dengan apa??? Dengan cara kesadaran masyarakat, patuh dan taat protokol kesehan dengan 3M (Mencuci tangan, Masker dan Menjaga jarak)

Masyarakat akan menjalani kehidupan baru hingga ditemukan vaksin, yang dapat digunakan untuk menangkal virus corona. "Transformasi ini adalah untuk menata kehidupan dan perilaku baru, ketika pandemi, yang kemudian akan dibawa terus ke depannya sampai ditemukan vaksin untuk Covid-19

Hidup Sehat    

Protokol kesehatan menjadi aturan yang disebutkan dalam implementasi kehidupan baru, yakni dengan menjaga jarak sosial dengan mengurangi kontak fisik dengan orang lain. Masyarakat harus merubah kebiasaan lama dengan pola hidup yang baru, mencuci tangan, jaga jarak dan selalu memakai masker. Aktifitas di luar rumah boleh saja dilakukan asalkan protokol kesehatan juga dilaksanakan. Dengan adanaya new normal  lambat laun orang akan terbiasa menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat. Di antaranya mencuci tangan dengan sabun secara rutin.
Perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), sederhana, bukan hal baru tapi gara-gara Covid-19, kita jadi belajar kembali dan melakukan kembali PHBS. Masyarakat Indonesia jadi lebih sadar, ternyata jorok makan tidak cuci tangan.

Mencuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun menjadi salah satu yang dianjurkan para pakar kesehatan untuk semua orang usai berkegiatan terutama di luar rumah. Jika tak memungkinkan, cairan pembersih tangan bisa menjadi pilihan. Cara ini disebut salah satu yang ampuh untuk menangkal virus corona masuk ke tubuh.

Kebiasaan baik lainnya yang juga muncul karena Covid-19, sebagian orang lebih banyak mengonsumsi sayur dan buah serta menjadi lebih sering berolahraga bahkan sekedar berjemur.

***

*) Oleh: Lukman Hakim, M.Pd, Penulis dan Pegawai di IAIN Jember.

*)Tulisan Opini ini sepenuhnya adalah tanggungjawab penulis, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi timesindonesia.co.id

*) Kopi TIMES atau rubrik opini di TIMES Indonesia terbuka untuk umum. Panjang naskah maksimal 4.000 karakter atau sekitar 600 kata. Sertakan riwayat hidup singkat beserta Foto diri dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

*) Naskah dikirim ke alamat e-mail: [email protected]

*) Redaksi berhak tidak menayangkan opini yang dikirim.

Pewarta :
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jember just now

Welcome to TIMES Jember

TIMES Jember is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.