Gaya Hidup

Hewan Ini Berganti Warna Bulu Saat Musim Salju

Minggu, 16 Mei 2021 - 19:22
Hewan Ini Berganti Warna Bulu Saat Musim Salju Kelinci yang sama saat musim panas vs musim dingin. (FOTO: Scott Stephens—iStock/Thinkstock; Robb Hannawacker)

TIMES JEMBER, JAKARTA – Semua makhluk di dunia ini diciptakan secara khusus. Kebanyakan mereka beradaptasi dengan lingkungan mereka. Sama halnya seperti saat anda mengganti pakaian saat musim panas dan menggunakan pakaian lain saat musim dingin. Tapi bagaimana dengan hewan yang merubah warna bulunya saat salju turun? Ada lho!.

Menurut Richard Pallardy dari Britannica, ada beberapa makhluk yang cenderung berubah warna sesuai musim. Ini adalah cara mereka untuk berkamuflase dan sebagai pertahanan utama mereka terhadap predator. 

Hewan-hewan ini akan merubah warna bulunya menjadi serba putih untuk bersembunyi dari pemangsa mereka. Sehingga mereka tidak mudah terlihat selama musim dingin. Jadi, hewan apa sajakah mereka? Yuk kita simak. 

1. Kelinci dan Hamster berkerah

Meskipun keduanya berasal dari spesies yang berbeda, tetapi kelinci atau hamster ini mengubah warna bulu merela saat suhu turun. Mereka yang dulunya memiliki warna coklat, abu-abu, atau hitam akan berubah warna setelah merasakan siang hari yang lebih pendek. 

2. Hamster Siberia

Siberian-Hamsters.jpgHamster Siberia. (FOTO: GrrlScientist)

Beberapa orang akan menjadikan hewan lucu ini sebagai hewan peliharaan mereka. Jika Anda memiliki hamster macam ini jangan heran jika mereka berubah warna bulu mereka di ruangan yang menerima cahaya alami yang sedikit. Dari warna perak keemasan hamster ini kan berubah bulu mnejadi warna putih.

3. Rubah Kutub 

Arctic-Fox.jpgRubah Kutub. (FOTO:P hotos.com/Thinkstock)

Rubah kutub akan berubah warna dari abu-abu kecoklatan menjadi putih dingin saat salju turun. Tetapi di beberapa daerah seperti Kanada dan Alaska mereka hanya akan mengubah warnanya menjadi abu-abu, bukan putih murni. Rubah ini memiliki hubungan dengan rubah merah. Namun, rubah merah tidak mengubah warnanya bahkan saat salju turun. 

4. Burung belibis

Burung belibis dan ayam akan merubah bulu mereka saat salju turun. Burung keluarga ini akan berubah warna menjadi putih bersih. Di musim panas, musim semi, atau musim gugur, mereka cenderung akan mengubah warna bulunya sesuai lingkungannya

Selain makhluk-makhluk cantik di atas, Peary Caribou dan Weasels adalah dua makhluk imut lainnya yang bisa mengubah warna bulunya saat salju turun. (*)

Pewarta : Khodijah Siti
Editor : Irfan Anshori
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jember just now

Welcome to TIMES Jember

TIMES Jember is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.