Ekonomi

Cegah Kenaikan Harga Jelang Lebaran, TPID Jember Segera Gelar Sidak ke Pasar

Jumat, 23 April 2021 - 21:00
Cegah Kenaikan Harga Jelang Lebaran, TPID Jember Segera Gelar Sidak ke Pasar Suasana rapat koordinasi TPID Jember terkait persiapan Idul Fitri 1442 H di Pendapa Wahyawibawa, Jumat (23/4/2021). (Foto: Arip Ripaldi/TIMES Indonesia)

TIMES JEMBER, JEMBER – Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID Jember) segera menggelar inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah pasar utama yang ada di Jember. Hal tersebut dilakukan untuk mengawasi harga-harga komoditas agar tetap terkendali menjelang Idul Fitri 1442 H.

"Kami mengajak teman-teman semua untuk survei pasar. Beberapa pasar kami pilih untuk melihat kondisi yang sebenarnya tentang kestabilan harga dan tentang ketersediaan barang," kata Bupati Jember Hendy Siswanto usai memimpin rapat TPID di Pendapa Wahyawibawagraha, Jumat (23/4/21).

Hendy mengatakan, ada empat komoditas yang diperkirakan harganya melonjak jelang hari raya.

Yakni bawang merah, cabai rawit, daging ayam, dan telur ayam

"Empat komoditas utama ini kalau hari biasa sebetulnya tidak ada masalah, tapi begitu sudah menjelang hari raya, (penjual berfikir, Red) ya kapan lagi mau dinaikkan," tambahnya.

Senada, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Jember Hestu Wibowo menyampaikan pada bulan Ramadan dan menjelang Idul Fitri tekanan inflasi terjadi pada beberapa komoditas. 

"Untuk Jember sudah kami identifikasikan bahwa ada empat komoditas yang secara historis memiliki kontribusi sangat besar dalam tekanan inflasi," ucap Hestu ketika ditemui di tempat yang sama.

Ia juga mengatakan, untuk mengetahui ketersediaan komoditas di pasar, dan juga kondisi komoditas yang ada di pasar, pihaknya melakukan koordinasi dengan bupati untuk melakukan langkah pemantauan pasar setiap hari. 

"Rencananya kami bersama Bupati Jember akan melakukan sidak dalam waktu dekat," tambahnya. 

Hestu menambahkan, apabila terjadi kenaikan harga yang terlalu tinggi terhadap komoditas tersebut, dinas terkait akan turun tangan untuk mengembalikan harga ke titik normal.

"Kalaupun nanti ada keterbatasan terkait ketersediaan pasokan belum tercukupi, kami akan mendorong untuk melakukan kerja sama antardaerah," imbuhnya.

Untuk diketahui, Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID Jember) segera menggelar inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah pasar utama yang ada di Jember. Hal tersebut dilakukan untuk mengawasi harga-harga komoditas agar tetap terkendali menjelang Idul Fitri 1442 H. (*)

Pewarta : Arip Ripaldi (MG-359)
Editor : Dody Bayu Prasetyo
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jember just now

Welcome to TIMES Jember

TIMES Jember is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.