Berita

Menyoal Larangan Mudik Lebaran, Dishub Jatim Minta Masyarakat Menahan Diri untuk Tidak Mudik

Selasa, 04 Mei 2021 - 17:44
Menyoal Larangan Mudik Lebaran, Dishub Jatim Minta Masyarakat Menahan Diri untuk Tidak Mudik Suasana rapat koordinasi OPD terkait larangan mudik lebaran di Bakorwil V Jember, Selasa (4/5/2021). (Foto: Dody Bayu Prasetyo TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JEMBER – Badan Koordinasi Wilayah (Bakorwil) V Jember mengumpulkan sejumlah pimpinan OPD dari tujuh kabupaten/kota yakni Jember, Banyuwangi, Lumajang, Bondowoso, Situbondo, Probolinggo, dan Kota Probolinggo untuk membahas persiapan menjelang, pada saat, dan pasca Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Selasa (4/5/2021). Di antara pembahasan yang mencuat yakni soal larangan mudik lebaran.

Terkait hal tersebut, Kepala UPT LLAJ Jember Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur Agus Wijaya mengatakan, Dinas Perhubungan Provinsi Jatim sifatnya membantu aparat keamanan yang ditunjuk pemerintah untuk menjadi leading sector di lapangan dalam pelarangan mudik lebaran tahun ini.

"Kalau kami dari Dishub Provinsi sifatnya membantu aparat keamanan yang menjadi leading sector yang ditunjuk pemerintah di lapangan di dalam posko-posko baik operasi, posko penyekatan ataupun posko pengamanan," kata Agus yang turut memimpin rapat tersebut bersama Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Bakorwil V Jember Benny Sampirwanto.

Agus mengakui adanya sejumlah kesulitan yang datangnya dari masyarakat dalam upaya penyekatan jalan di lapangan.

"Kesulitan yang dihadapi tergantung kepada masyarakat sendiri, mau nggak mematuhi? Mematuhi apa, ya itu kita kan nggak boleh bergerak. Artinya sudah jelas kita itu nggak boleh mudik. Tapi kan nggak bisa. Kondisi kebiasaan itu nggak bisa kita lakukan. Otomatis akan ada pergerakan itu nanti," tuturnya.

"Nah, pergerakan itulah nantinya akan dipertemukan oleh petugas kami baik aparat keamanan ataupun dari petugas dishub setempat. Nah, masyarakat ini nantinya akan di-screening, mereka akan kami periksa, kalau mereka memaksa akan kami suruh kembali, kalau nggak mau kami paksa untuk isolasi kalau terkonfirmasi positif," terangnya.

Karena itu, dia meminta semua pihak untuk menahan diri untuk tidak melakukan pergerakan mudik untuk mengantisipasi penularan Covid-19.

"Makanya kembali ke diri kita masing-masing, termasuk wartawan membantu mensosialisasikan bahwa pemerintah serius meniadakan mudik. Sekarang ini kita nggak main-main, jangan sampai seperti India," tegas Agus.

Untuk diketahui, terdapat 20 titik penyekatan mudik 2021 Jawa Timur yang ditetapkan Dirlantas Polda Jatim, yakni:

1. Perbatasan Gresik-Lamongan
2. Perbatasan Sidoarjo-Pasuruan
3. Perbatasan Mojokerto-Sidoarjo
4. Perbatasan Pasuruan-Probilinggo
5. Perbatasan Probolinggo-Situbondo
6. Perbatasan Pasuruan-Malang
7. Perbatasan Malang-Lumajang
8. Perbatasan Situbondo-Banyuwangi
9. Perbatasan Jember-Lumajang
10. Perbatasan Nganjuk-Jombang
11. Perbatasan Jombang-Mojokerto
12. Perbatasan Blitar-Kediri
13. Perbatasan Kediri-Malang
14. Perbatasan Bojonegoro-Tuban
15. Perbatasan Ngawi-Madiun
16. Perbatasan Madiun-Magetan
17. Madura sisi utara
18. Madura sisi selatan
19. Pintu masuk Tol Ngawi
20. Pintu masuk Tol Probolinggo.

Selain itu, juga ada 7 titik penyekatan mudik 2021 Jawa Timur di wilayah perbatasan, yakni:

1. Perbatasan gerbang Tol Ngawi-Solo
2. Perbatasan Ngawi Mantingan-Sragen
3. Perbatasan Tuban-Rembang
4. Perbatasan Bojonegoro-Cepu
5. Perbatasan Magetan-Karanganyar
6. Perbatasan Pacitan Donorejo-Wonogiri
7. Pelabuhan Ketapang Banyuwangi-Gilimanuk Bali

Bakorwil V Jember mengumpulkan sejumlah pimpinan OPD dari tujuh kabupaten/kota yakni Jember, Banyuwangi, Lumajang, Bondowoso, Situbondo, Probolinggo, dan Kota Probolinggo untuk membahas persiapan menjelang, pada saat, dan pasca Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Selasa (4/5/2021). Di antara pembahasan yang mencuat yakni soal larangan mudik lebaran. (*)

Pewarta : Dody Bayu Prasetyo
Editor : Dody Bayu Prasetyo
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jember just now

Welcome to TIMES Jember

TIMES Jember is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.