Berita

Kementerian KP Sebar Luaskan Penerapan Teknologi AIS di Kapal Ikan

Minggu, 11 April 2021 - 11:45
Kementerian KP Sebar Luaskan Penerapan Teknologi AIS di Kapal Ikan Ilustrasi Gedung KKP. (Foto: RRI)

TIMES JEMBER, JAKARTAKementerian KP (Kelautan dan Perikanan) menyebarluaskan konsep digitalisasi pelabuhan antara lain dengan menerapkan penggunaan teknologi automatic identification system (AIS) kepada kapal ikan di sejumlah pelabuhan perikanan.

Kepala Pusat Data, Statistik, dan Informasi (Pusdatin) KKP Budi Sulistyo mengatakan penerapan teknologi AIS berlangsung di Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Cilacap, Jawa Tengah, setelah sebelumnya digelar di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Karangantu Banten.

"Kami melakukan sosialisasi kegunaan dan penggunaan AIS bagi nelayan yang dihadiri pemilik dan nakhoda kapal perikanan," ujar Budi di Jakarta, Minggu (11/4/2021).

Ia memaparkan, ada 10 kapal perikanan di PPS Cilacap yang dipasangi teknologi hasil penelitian Loka Perekayasaan Teknologi Kelautan Wakatobi tersebut.

Mengenai cara kerjanya, AIS akan menginformasikan kepada sistem pemantau yang ada di pelabuhan lokasi kapal berada dan akan memberikan respons cepat apabila terjadi kondisi darurat.

Dengan demikian, lanjutnya, keselamatan nelayan saat melaut lebih terjamin dan penangkapan ikan di luar kawasan izin kapal dapat dicegah.

Budi menambahkan penerapan AIS juga dirancang untuk memberikan informasi akurat kapan kapal akan merapat ke pelabuhan untuk melakukan bongkar muat.

Selain penerapan teknologi AIS, KKP melalui Pusdatin, Ditjen Perikanan Tangkap, Badan Riset Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDM KP) dan Solusi 247 juga memasang timbangan online di PPS Cilacap dan PPN Karangantu. Pelabuhan tersebut saat ini menjadi percontohan pelabuhan berbasis digital di Indonesia.

Penerapan timbangan online sebagai upaya KKP mempercepat proses penimbangan hasil tangkapan kapal perikanan yang terhubung dengan data center. Keberadaan timbangan tersebut merupakan bagian dari implementasi kebijakan Satu Data KKP.

Budi menerangkan selanjutnya AIS dan timbangan online akan diintegrasikan untuk memperkuat manajemen pelabuhan percontohan berbasis digital tersebut. Integrasi ini diharapkan selesai terbangun pada Juni 2021.

"Digitalisasi pelabuhan sebagai langkah dimulainya transformasi digital pengelolaan sumber daya perikanan tangkap yang selaras dengan kebijakan transformasi digital untuk mendukung peningkatan pelayanan publik," tandas Budi, Pusdatin Kementerian KP soal penerapan AIS kepada kapal ikan di sejumlah pelabuhan perikanan. (*)

Pewarta : Hasbullah
Editor : Irfan Anshori
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jember just now

Welcome to TIMES Jember

TIMES Jember is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.