https://jember.times.co.id/
Berita

Lebaran, Megawati dan Puan Maharani Kompak Pakai Gambo Muba

Minggu, 16 Mei 2021 - 07:00
Lebaran, Megawati dan Puan Maharani Kompak Pakai Gambo Muba Megawati dan Puan Maharani Pakai Gambo Muba di Suasana Lebaran (Foto: PKK Muba)

TIMES JEMBER, MUSI BANYUASIN – Warga Musi Banyuasin patut bangga karena kain khasnya mulai dikenal dan menjadi fashion bagi para petinggi negeri ini. Hal ini dapat dilihat dari busana Ketua DPR RI Puan Maharani bersama mantan Presiden RI Megawati Soekarnoputri yang kompak memakai Gambo Muba pada lebaran pertama Idul Fitri 1442 H.

Keduanya kompak mengenakan atasan dan bawahan Gambo Muba.

"Terima kasih kepada Ibu Puan dan Ibu Megawati yang pada perayaan Idul Fitri kali ini memakai Gambo," ucap Ketua TP PKK Muba, Thia Yufada Dodi, Minggu (16/5/2021).

Diketahui, Gambo Muba adalah kain khas metode jumputan, diwarnai dengan dicelup getah gambir yang awalnya dianggap limbah dan dibuang percuma. Kini Pemkab Muba melalui TP PKK mampu mendorong perajin gambir dengan merubah limbah menjadi pewarna utama kain.

Kemudian, sebagai produk eco fashion, Gambo memakai 100 persen pewarna alami antikimia sebagai upaya menjawab isu international bahwa lebih dari 50 persen limbah kimia berasal dari limbah tekstil.

"Gambo Muba adalah aksi alternatif dan sumbangan Muba untuk dunia tekstil, produk ini tidak menghasilkan limbah kimia tetapi memanfaatkan limbah getah gambir untuk pewarna alami Gambo Muba," ujar mantan presenter TV itu. (*)

Pewarta : Fathur Rochman
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jember just now

Welcome to TIMES Jember

TIMES Jember is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.