Berita

Vaksinasi Covid-19 Akan Dimulai di Jember, Waspadai Hoaks

Selasa, 26 Januari 2021 - 11:20
Vaksinasi Covid-19 Akan Dimulai di Jember, Waspadai Hoaks Satgas Covid-19 Jember meninjau kesiapan ruang penyimpanan vaksin Covid-19 di UPT IFK Dinkes Jember, Senin (25/1/2021). (Foto: Diskominfo Jember for TIMES Indonesia)

TIMES JEMBER, JEMBER – Hari ini, Selasa (26/1/2021), vaksin Covid-19 rencananya akan tiba di Jember. Vaksin tersebut nantinya akan disimpan di gudang farmasi Unit Pelaksana Teknis Instalasi Farmasi Kesehatan (UPT IFK) milik Dinas Kesehatan Jember. Gudang tersebut terletak di Jalan Ciliwung atau sisi timur Alun-Alun Kota Jember. Program vaksinasi Covid-19 tersebut diharapkan bisa membentuk kekebalan masyarakat menghadapi Covid-19.

Juru bicara Satgas Covid-19 Jember Gatot Triyono menjelaskan, pelaksanaan vaksin akan meliputi empat tahap.

Tahap pertama dan kedua akan dilakukan pada kurun waktu bulan Januari - April 2021. Sasaran tahap pertama yaitu tenaga kesehatan, asisten tenaga kesehatan, tenaga penunjang, serta mahasiswa yang sedang menjalani pendidikan profesi kedokteran yang bekerja pada fasilitas pelayanan kesehatan.

“Berdasarkan Sistem Informasi Sumber Daya Manusia Kesehatan (SISDMK) terdapat 8.317 nakes di Kabupaten Jember. Dari jumlah tersebut, sebagian diantaranya, yakni 6.750 orang akan mendapatkan e-ticket vaksinasi sebanyak,” jelas Gatot.

Berikutnya, pada tahap kedua, adalah TNI, Polri, aparat hukum, dan petugas pelayanan publik lainnya yang meliputi petugas di bandara/pelabuhan/stasiun/terminal, perbankan, PLN, dan PDAM, serta petugas lain yang terlibat secara langsung memberikan pelayanan kepada masyarakat. Termasuk yang dalam tahap kedua ini adalah kelompok usia lanjut di bawah 60 tahun.

Berikutnya pada tahap tiga dan empat akan dilakukan selama jangka waktu yang cukup lama. Yakni mulai bulan April 2021 hingga Maret 2022. Sasaran tahap ketiga yakni masyarakat rentan dari aspek geospasial, sosial, dan ekonomi. 

Adapun sasaran tahap keempat yakni masyarakat dan pelaku perekonomian lainnya dengan pendekatan kluster sesuai dengan ketersediaan vaksin.

 

Gatot menegaskan, program vaksinasi ini gratis diberikan kepada masyarakat sesuai tahapan.

Vaksin yang diberikan juga telah melalui uji klinis dari Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) serta sertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

“Karena itu kami mengimbau masyarakat untuk tidak mudah percaya terhadap informasi palsu atau hoaks seputar vaksin Covid-19. Pemberian vaksin ini dilakukan untuk membentuk kekebalan kelompok, menurunkan kematian dan kesakitan akibat Covid-19 dan melindungi kesehatan secara menyeluruh. Selain itu yang juga penting, program vaksinasi Covid-19 ini bertujuan untuk menjaga produktivitas dan meminimalkan dampak sosial ekonomi dari Covid-19,” pungkas Gatot. (*)

Pewarta :
Editor : Dody Bayu Prasetyo
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jember just now

Welcome to TIMES Jember

TIMES Jember is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.