Berita

Bupati Jember Minta RT/RW Ikut Kawal PPKM Mikro untuk Tangani Covid-19

Senin, 21 Juni 2021 - 15:52
Bupati Jember Minta RT/RW Ikut Kawal PPKM Mikro untuk Tangani Covid-19 Bupati Jember Hendy Siswanto usai gelaran Rakor PPKM Mikro. (Foto: Arip Ripaldi /TIMES Indonesia)

TIMES JEMBER, JEMBER – Bupati Jember Hendy Siswanto kembali mengingatkan semua pihak untuk mewaspadai penularan Covid-19 yang saat ini jumlah kasusnya terus meningkat, baik di tingkat nasional maupun lokal. Karena itu, dia meminta jajarannya untuk serius menangani penyebaran virus tersebut.

Hak tersebut disampaikan Hendy usai mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) intensitas Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Skala Mikro (PPKM Mikro) di Pendapa Wahyawibawagraha, Senin (21/6/2021).

"Hari ini kami dan Forkopimda, lengkap ini dan kita juga virtual dengan teman-teman camat, kepala desa dan nanti juga ada RT/RW untuk bisa memutus mata rantai Covid-19 ini," kata Hendy.

Dia menegaskan bahwa pemberlakuan PPKM Mikro di Kabupaten Jember harus dikawal dengan baik oleh jajarannya, hingga tingkat RT/RW.

"PPKM Mikro ini harus betul-betul diikuti, salah satu contoh konsistensi RT/RW dalam melihat warganya itu penting dilakukan," tutur ketua Satgas Covid-19 tersebut. 

Hendy berharap RT/RW dapat ikut berperan aktif dalam penanggulangan Covid-19 ini lantaran pemerintah tidak selalu dapat memantau aktivitas keluar masuk pendatang di pemukiman.

"Maka dari itu kami harapkan, bagi pendatang yang datang itu di antigen atau swab terlebih dahulu. Dan melakukan 5M yakni memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilisasi dan interaksi. Ditambah lagi 3T, Testing, Tracing, dan Treatment. Nah ini peraturannya bagus. Hanya saja kitanya mau atau tidak untuk melaksanakannya," ujarnya.

Menurut Hendy, petugas satgas Covid-19 hanya bisa terus melakukan imbauan kepada masyarakat agar terus menerapkan disiplin protokol kesehatan (prokes) Covid-19.

"Nah, keikhlasan dan ketulusan bukan karna sebagian petugas tapi memang kewajiban kita bersama-sama. Itu yang paling penting," imbuhnya. 

Untuk diketahui, data penularan Covid-19 di Kabupaten Jember per Minggu (20/6/2021) jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 bertambah 14 pasien menjadi 7.180 pasien. Jumlah pasien meninggal akibat Covid-19 hingga kemarin sebanyak 490 pasien. (*)

Pewarta : Arip Ripaldi (MG-359)
Editor : Dody Bayu Prasetyo
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jember just now

Welcome to TIMES Jember

TIMES Jember is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.