https://jember.times.co.id/
Berita

Liburan Lebaran 2024, Jumlah Wisatawan di Jember Melonjak, 3 Tempat Ini Paling Ramai

Senin, 15 April 2024 - 09:32
Liburan Lebaran 2024, Jumlah Wisatawan di Jember Melonjak, 3 Tempat Ini Paling Ramai Pemandangan sesak wisatawan di Papuma, Jember. (M. Abdul Basid/TIMES Indonesia)

TIMES JEMBER, JEMBER – Kabupaten Jember, Jawa Timur (Jatim) menjadi salah satu destinasi wisata favorit bagi masyarakat yang ingin menghabiskan masa liburan lebaran 2024.

Hal tersebut tidak mengherankan, mengingat Jember memiliki banyak lokasi pariwisata menarik hati yang rugi jika tidak dikunjungi.

Berdasarkan data Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jember bahwa ada beberapa sejumlah tempat lokasi wisata lokal yang menjadi favorit.

Di antaranya Pantai Tanjung Pasir Putih Malikan (Papuma), Dira Park, dan Wisata Perkebunan Gunung Gambir. 

"Untuk lokasi wisata Pantai Papuma  peningkatan dari hari Kamis (11/4/2024) kemarin sampai Sabtu (13/4/2024) kemarin. Catatan kami terakhir Sabtu kemarin, ada 3.533 pengunjung ke Pantai Papuma, yang merupakan wisatawan lokal. Untuk hari ini, alhamdulillah ada 3.900 an wisatawan domestik," ujar Kepala Dinas Disparbud Jember Bambang Rudi melalui Kabid Disparbud Jember Deta Irama Kasih, Minggu (14/4/2024).

"Sebelumnya pada hari Kamis dan Jumat juga sempat dikunjungi wisatawan mancanegara ada lima orang," sambungnya.

Selain itu juga, masyarakat juga banyak yang berwisata ke lokasi lain seperti tempat wisata buatan di Dira Park. 

"Untuk data terakhir kami Jumat (12/4/2024) kemarin. Tujuan wisata nomor dua adalah lokasi wisata buatan, yakni perkebunan Gunung Gambir dan Dira Park. Tercatat ada 951 wisatawan lokal. Untuk data Sabtu (13/4/2024) dan Minggu (14/4/2024) hari ini masih kami data," jelas Deta.

Meski demikian, masyarakat tidak hanya berwisata di tiga lokasi saja, tetapi juga ke lokasi wisata yang dikelola langsung oleh Pemkab Jember. 

"Paling banyak dikunjungi itu pemandian Patemon di Kecamatan Tanggul, mencapai 1.290 orang pada Sabtu (13/4/2024) kemarin. Menyusul kemudian Pantai Watu Ulo 715 orang dan Wisata Rembangan 559 pengunjung. Semuanya wisatawan lokal," rinci Deta.

"Namun demikian rata-rata di objek wisata lainnya juga mengalami peningkatan signifikan," sambungnya.

Pihaknya berharap peningkatan jumlah wisatawan di Jember saat liburan lebaran tersebut dapat memberikan manfaat secara ekonomi bagi masyarakat.

"Selain itu kami juga berkoordinasi dengan jajaran samping seperti BPBD Jember, relawan, dan juga Polres Jember untuk menjaga keamanan di lokasi wisata. Agar tidak sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," beber Deta.

Sementara itu, Kapolres Jember AKBP Bayu Pratama Gubunagi mengatakan, adanya lonjakan pengunjung ke lokasi wisata menjadi perhatian khusus.

Dia mengimbau para wisatawan lokal ataupun mancanegara untuk lebih hati-hati.

"Ramainya tempat-tempat wisata di Jember, terutama yang berwisata di Jember, serta kondisi cuaca yang tidak menentu, tentu harus diwaspadai oleh semua wisatawan, untuk selalu waspada dan berhati-hati," tandanya. (*)

Pewarta : M Abdul Basid (MG)
Editor : Dody Bayu Prasetyo
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jember just now

Welcome to TIMES Jember

TIMES Jember is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.