https://jember.times.co.id/
Berita

Masa Angkutan Lebaran 2024 Selesai, 208.798 Penumpang Kereta Api Berangkat dari Daop 9 Jember

Senin, 22 April 2024 - 20:07
Masa Angkutan Lebaran 2024 Selesai, 208.798 Penumpang Kereta Api Berangkat dari Daop 9 Jember Penumpang kereta api memadati Stasiun Jember. (FOTO: Humas Daop 9 Jember for TIMES Indonesia)

TIMES JEMBER, JEMBERMasa angkutan lebaran 2024 yang digelar selama 22 hari resmi selesai pada Minggu (21/4/2024).

Total pelanggan yang menggunakan kereta api di wilayah PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 9 Jember selama arus mudik dan balik sebanyak 208.798 penumpang. 

Jumlah tersebut mengalami peningkatan 15 peren dari tahun 2023 yang mengangkut 181.980 penumpang pada periode yang sama.

“Masa angkutan lebaran 2024 telah selesai, KAI Daop 9 Jember sukses mengantarkan 208.798 penumpang untuk mudik maupun balik menggunakan kereta api mulai dari Pasuruan sampai Banyuwangi,” kata Manager Hukum dan Humasda KAI Daop 9 Jember, Cahyo Widiantoro dalam keterangan pers yabg diterima, Senin (22/4/2024).

Cahyo menambahkan, pada hari Minggu kemarin yang merupakan hari terakhir pelaksanaan angkutan lebaran, penumpang yang diberangkatkan dengan menggunakan 22 kereta api yang beroperasi di Daop 9 Jember sejumlah 11.765.

Angka tersebut bahkan lebih tinggi dari puncak arus balik pada Senin (15/4/2024) dengan 11.594 penumpang.

Tingginya jumlah penumpang pada angkutan lebaran kali ini tidak terlepas dari beroperasinya kembali KA Mutiara Timur yang melayani relasi Stasiun Ketapang – Surabaya Pasar Turi PP dan merupakan salah satu kereta api yang cukup melegenda untuk masyarakat tapal kuda. 

Selama 22 hari angkutan lebaran, KA Mutiara Timur digunakan oleh penumpang sebanyak 11.136 atau rata-rata 506 pelanggan perhari.

Untuk mengakomodasi minat masyarakat yang masih cukup tinggi, KA Mutiara Timur diperpanjang waktu perjalanannya, yang semula hanya sampai tanggal 21 April diteruskan operasionalnya sampai tanggal 30 April. 

Operasional KA Mutiara Timur akan terus dilakukan evaluasi, jika peminatnya terus tinggi, tidak menutup kemungkinan KA Mutiara Timur akan dioperasikan secara reguler kembali.

“Masyarakat dapat mengecek ketersediaan dan melakukan pemesanan tiket KA Mutiara Timur melalui aplikasi Access by KAI, web kai.id atau channel penjualan tiket lainnya,” ungkap Cahyo.

Selain sukses mengantarkan ratusan ribu penumpang selama arus mudik dan balik, KAI Daop 9 Jember juga sukses menjaga operasional kereta api tetap aman, lancar dan terkendali. 

Selama 22 hari tersebut, dari 508 perjalanan kereta api yang beroperasi, tingkat ketepatan waktu keberangkatan mencapai 100 persen dan untuk kedatangan mencapai 99 persen, serta tidak terdapat gangguan yang berarti baik gangguan operasional maupun gangguan kamtib di stasiun dan di jalur.

“KAI Daop 9 menyampaikan apresiasi kepada pelanggan KAI atas kepercayaannya menggunakan kereta api sebagai moda transportasi pilihan untuk mudik dan balik pada libur lebaran tahun ini dengan selamat, aman, nyaman, dan sehat sampai tujuan. Serta apresiasi yang setinggi-tingginya KAI sampaikan untuk seluruh pihak yang tidak dapat kami sebutkan satu-persatu yang telah mendukung suksesnya penyelenggaraan angkutan lebaran 2024,” tutup Cahyo. (*)

Pewarta : M Abdul Basid (MG)
Editor : Dody Bayu Prasetyo
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jember just now

Welcome to TIMES Jember

TIMES Jember is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.