https://jember.times.co.id/
Berita

Dinsos Jember Pulangkan ODGJ ke Cilacap

Selasa, 19 Oktober 2021 - 14:44
Dinsos Jember Pulangkan ODGJ ke Cilacap Dewi Soiningsih saat diserahkan oleh Dinsos Jember kepada Dinsos Cilacap. (Foto: Dinsos Jember For TIMES Indonesia).

TIMES JEMBER, JEMBER – Seorang wanita bernama Dewi Soiningsih, asal Cilacap Jawa Tengah, dipulangkan oleh Dinas Sosial atau Dinsos Jember karena berstatus Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ). 

Kepala Dinsos Jember, Widi Prasetyo mengatakan bahwa wanita yang akrab disapa Dewi ini sebelumnya bekerja di Taiwan, dan mengenal laki-laki di media sosial (sosmed) bernama Eko, asal Silo Jember. 

"Mereka berkenalan dan menjalani hubungan khusus," kata Widi, Selasa (19/10/2021).

Pada saat Dewi pulang dari Taiwan ke Cilacap, ia berangkat ke Silo menemukan Eko dan berhasil bertemu dengan Eko dan keluarganya di Silo.  

Widi mengungkapkan setelah bertemu Dewi hamil tanpa menjalani status pernikahan hingga akhirnya dipulangkan oleh Eko ke Cilacap. "Mulainya dari sini," katanya. 

Ia menjelaskan, sebelumnya Dewi belum ODGJ. Selanjutnya Dewi datang kembali ke Silo dalam kondisi hamil pada 8 Oktober 2021. Tetapi selama tiga hari di Silo, Eko terus menghindar dan tidak bisa ditemui.

Widi

Widi menjelaskan, dari sanalah Dewi frustasi hingga akhirnya sempat mengamuk di kecamatan Silo karena Depresi. Pada 12 Oktober 2021, petugas Satpol-PP Silo mengantarkan Dewi ke Liposos.   

Setelah kasusnya didalami, Widi mengungkapkan Dewi memiliki keluarga di Cilacap, sehingga Dinsos Jember akhirnya berkoordinasi dengan Dinsos Cilacap. 

"Disepakati karena dicari oleh Dinsos Cilacap, ketemu dan akhirnya kita putuskan diantarkan. Ke dinas sosial Cilacap. Kemarin berangkat 18 Oktober, diantarkan empat orang petugas dari Jember," tulisnya. 

Widi memaparkan, hari ini dilakukan serah terima, Dewi kepada pihak keluarga. 

Lebih jauh, Widi mengungkapkan, hingga saat ini kondisi ODGJ di Jember, jika dilihat dari laporan yang diterima dari pihak kesehatan selama pandemi itu sendiri tidak ada kasus baru. 

"Adanya penyakit, karena selama pandemi ada petugas tidak bisa berkunjung ke rumah-rumah yang ODGJ," ujarnya. 

Kepala Dinsos Jember ini juga menuturkan, pentingnya keluarga untuk mengawasi, agar obat yang harus di konsumsi ODGJ di minum dan masyarakat di lingkungan peduli. (*)

Pewarta : Arip Ripaldi (MG-359)
Editor : Irfan Anshori
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jember just now

Welcome to TIMES Jember

TIMES Jember is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.